"NaTuRe_wOrLd"

 

  HoMe    AsiA   AmeRiKa   AfRikA   ErOpA   AuStRaLiA

 

* Benua Australia

A. Sejarah umum

    Australia merupakan Benua terkecil dan terakhir kali ditemukan di belahan bumi selatan. Penemuan benua ini berdasarkan atas teori ahli ilmu benua Yunani, Ptolomeus yang berbunyi Terra Australis Inqcocnita yang artinya tanah selatan yang belum diketemukan. Untuk itu para pelaut Eropa berupaya menemukan benua tersebut. Para tokoh penemu benua tersebut adalah sebagai berikut.

1. Tahun 1606 ditemukan oleh bangsa Belanda betnama Wlliem Jansz di kawasan Teluk Carpentaria.

2. Tahun 1644 juga orang Belanda bernama Abek Tasman menemukan TAsmania dan Selandia Baru.

3. Tahun 1770, seorang bangsa Inggris bernama James Cook menemukan Pantai timur Australia yang lebih subur dan Selandia Baru yang terdiri dua

   pulau yang terdiri dua Pulau Utara dan Pulau Selatan. Antara dua pulau tersebut terdapat selat yang diberi nama Selat Cook.

 

B. Letak dan Luas Wilayah

    Secara Asronomis Australia terletak pada lintang 100 LS - 440 LS dan 1330 BT - 1530 BT. Scara geogradis Australia di belahan bumi selatan antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Batas-batas negara Australia antara lain sebagai berikut.

1. Sebelah utara dengan Selat Torres, Laut Arfuru, dan negara Papua Nugini.

2. Sebelah barat dan selatan dengan Samudra Hindia.

3. Sebelah timur dengan Samudra Pasifik.

       Luas Benua Australia adalah 7.682.300 km2 yang mebentang dari ujung Telut Carpentaria sampai ke Pulau Tasmania sejauh 3.700 km dan dari pantai barat sampai pantai timur sejauh 3.200 km. Ibu kota Australia adalah Camberra.

 

 

C. Keadaan Alam

    Australia adalah suatu benua yang paling datar di antara benua-benua lainnya di bumi. Sebagain besar wilayah Australira berupa gurun pasir, plato rendah, dan dataran rendah yang sempit di pantai barat dan timur.

1. Bagian Barat

    Bagian barat terdiri atas pegunungan dan plato barat yang amat luas diantaranya Plato Kimbeley dan Plato Arnhem. Dikawasan ini pula terdapat pegunungan rendah seperti Macdonne II serta di Ayer's Rock di mana dijumpai baru raksasa yang malunjang tinggi dan luas yang disebut Uluru. Selebihnya, bentang alam bagian berat berupa padang pasir.

 

        Uluru di Ayer's Rock, batu saklar di Australia Barat

2. Bagian Timur

    Kawasan ini terdiri atas bentang pegunungan tua dan taratan pegunungan-pegunungan dmulai dari Tanjung York lalu membentang ke selatan sampai di negara Victoria. Daratan Pegunungan tersebut disebut Pegunungan Pemisah Besar (The Great Dividing Range), yang terdiri atas Pegunungan Biru di selatan. Puncak tertinggi daratan Pegunungan ini adalah Gunung Kosciusko (2.228 m) yang terdapat di Pegunungan Salju (snwy mountains).

3. Bagian Tengah

    Di antar plato barat dengan Pegunungan Pemisah Besar di bagian timur terdapat dataran rendah tengah yang banyak terdapat cekungan-cekungan seperi Danau Eyre dan Torens. Disini banyak pula terdapat sungai-sungai yang bermuara ke danau tersebut. Biasanya, sungai di kawasan ini bersifat tidak tetap karena hanya ada air kalau hujan . Sungai-sungai kering yang ada di kawasan ini disebut Creeks.Di sebelah daerah terdapat dataran rendah Sungai Murray dan Sungai Darlig yang merupakan sungai terbesar dan sepanjang di Australia (3.750 km).

4. Dataran Pantai Barat dan Pantai Timur

    Akibat terjadinya penurunan di sepanjang pantai barat oleh proses patahan ke bawah maka terbentuklah dataran pantai yang rendah. Di pantai timur karena adanya proses pengangkatan yang membentuk dataran tinggi di bagian timur menimbulan dataran rendah dengan muculnya sngai-sungai yang pendek dan berguna bagi kegiatan pertanian.

5. Bagian Timur Laut

    Di daerah lepas pantai Queenland terdapat terumbu karang yang sangat luas yang di sebut Karang Penghalang Besar (great barrier Reef) dan merupakan terumbu karang terbesar dan terpanjang di dunia.

 

Great Barrier Reef yang Indah dan Menajubkan

 

D. Iklim

    Iklim di Australia sangat dipengaruhi oleh letak lintang dan keadaan iklim fisik.

1. Berdasarkan Letak Lintang

    Australia beriklim tropis dengan hujan yang turun pada bulan Oktober April. Australia barat daya dan sepanjang pantai selatan beriklim subtropis. Victoria dan Tasmania beriklim laut sedang yang banyak membawa hujan karena adanya angain barat sepanjang tahun.

2. Berdasarkan Pengaruh Iklim Fisik

    Pantai timur beriklikm laut yang menerima hujan sepanjang tahun akibat datangnya angain passat tenggara dan membentuk hujan orografis. Australia tengah beriklim gurun yang kering dengan perbedaan suhu yang besar antara siang dan malam.

 

E. Flora dan Fauna

1. Flora

    Jenis tunbuhan yang hampir tumbuh di seluruh australia adalah hutan Eukalipthus dan hutan Akasia. Eukalipthus adalah pohon asli Austrlia dengan ketinggian yang bervariasi, ada yang pendek dan bahkan ada yang berukurn raksasa sampai seratus meter  tingginya. Bahkn ada pohon eukalipthus merupakan pohin tertinggi di dunia.

    Untuk daerah yang banyak hujannya dapat dijumpai hutan tropis di Austrlia bagian utara, Quessland, dan Australia bagian timur. Bagi daerah yang kurang hujannyabanyak tumbuh semak atau perdu berdiri yang disebut Spinifex, sabana, dan stepa.

2. Fauna

    Di Austrlia banyak hewan-hewan khas seperti kanguru, koala (hewan marsupial atau berkantung). Selain itu terdapat juga wobat, platipus (binatang berkaki empat seperti kaki itik dan berparuh) yang makannya serangga air. Jenis burung yang ada di Australia adalah cendrawasi, burng Emu (jenis burug unta) yang tingginya mencapai 1,5 m, koaka buru, burung beo, burung memek serta kakak tua.

    Di Australia tidak ada binatang menyusui tingkat tinggi, kecuali yang dipelihara penduduk. Jenis lain adalah dingo (jenis anjing liar) dan kelinci yang merupakan musuh para peternak.

 
 

Kangguru dan Akasia, Fauna dan Flora yang banyak terdapat di Australia

 

F. Penduduk       

    Penduduk Australia pada tahun 2003 berjumlah 19.485.000 jiwa dengan angka pertumbuhan 0,9% dan kepadatan 2 jiwa/km2 dari wilayah yang luasnya 7.713.000 km2.

    Komposisi etnis yang ada di Austrralia adalah bangsa Asia (imigran) 94% bangsa Asia 9imigran) 2,6%, bangsa Aborigin (penduduk asli) 1,2% dan bangsa lain-lain 2,2%. Pada umunya penduduk Australia bertempat tinggal di kota kecil yang bergaya hidup Eopa. Kebanayakan kota-kota di Australia banyak terdapat di sepanjang garis pantai.

 

Bangsa Aborigin, suku asli Australia

 

G. Perekonomian

1. Pertanian

    Pertanian diusahakan di derah-daerah yang banyak hujan. Hasilnya diantara lain gandum di New South Wales, Quessland Victoria, dan Australia barat dan yang paling besar prodiksinya ada di daerah lembah Sungai Muray Darlina. Tube dihasilkan di Quessland dan New South Wales bagian utara. Buah-buahan dan sayuran dihasilkan di Tasmania.

    Hasil pertanian lain seperti Berley, padi, jagung sarghum, tembakau, kapas, dan kepala terdapat di negara quessland, Nwe South Wales, Victoria, dan Australia Barat.

2. Peternakan

    Usaha peternakan sangat cocok di Australia karena banyak padang rumput (steppa. Ternak utamanya adalah biri-biri dan domba untuk diambil wolnya. Kegiatan ipeternakan di sana biasanya diusahakan oleh suatu perusahaan ternak yang disebut Squater (lebih dari 100.000 biri-biri setiap squarter). Tempat mengandangkan hewan ternak disebut Station. Sedangkan tempat penggembalaannya disebut  Ranch. Selain biri-biri, ternak lainnya adalah sapi yang diambil daging dan susunya.

    Daerah peternakan adalah Quessland, New South Wales, Victoria, dan Australia Selatan. Hasil dari daerah ini seperti wol, susu, kulit mentega, dan daging.

3. Pertambangan

A.    Tambangan emas di Autralia Barat terdapat dokota Kalgorli dan Kolgardi.

B.    Batu bara terdapat di New Stuth Wales dan Queensland.

C.    Bauksit terdapat di Australia Barat dan Tanjung York.

D.    Besi terdapat di Australia Barat, Victorica, dan Tasmania.

E.    Minyak bumi terdapat di Queensland, Australia Barat, dan Victoria.

4. Perdagangan

    Espor Australia kebanyakan berupa gandum, wol, kapas, aluminium, baja, mentega dan gandum.

5. Perindustrian

    Industri yang berkembang di Australia adalah industri mesin - mesin, mobil, kapal, elektronika, besi baja, industri bahan makanan, dan peralatan

kedokteran. Pusat perindustriannya ada di Sydney, New Castle, Brisbane, Hobart, Adeloide, dan Perth.

6. Parawisata

    Ada beberapa kota wisata yang banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancan di Australia, yaitu sebagai berikut.

A. Sidney, kota paling tua di Australia dan juga kota seni dengan pantainya yang indah.

B. Hobart, kota tertua kedua dengan bangunan - bangunan gaya mutakhir.

C. Melbourne, merupakan kota budaya (multikultural) yang banyak memiliki kehidupan kebudayaan.

D. Perth, kota dengan sebutan City of Light dengan taman suaka yang disebut King Park.

  ~ Selain kota - kota wisata terdapat tempat lain sebagai obyek wisata di Australia diantaranya sebagai berikut.

A. Taman Nasional Uluru. Taman ini memilikikeunikan tersendiri dengan obyek berupa batu besar yang amat menakjubkan. Ayers Rock (Batu Ayers)

    dapat didaki oleh para wisatawan dengan melihat dengan pemandangan disektarnya, serta mengamati kesenian Aborigin.

B. The Great Barrier Reef, juga disebut karang penghalang besar merupakan kawasan pulau karangan terpanjang didunia. Para wisatawan bisa naik

    kapal Katamaran (kapal belambung dua) dengan kecepatan tinggi mengililingi kawasan tersebut.

 

        Gedung Opera House di Sidney yang tersohor

C. The Gold Coast (Pantai Emas), merupakan obyek wisata terbesar di Australia.

D. Pasar Ratu Victoria, merupakan tempat yang banyak menjual pakaian, makanan, dan oleh - oleh dengan harga yang murah.

 

H. Hubungan Kerja Sama dengan Indonesia

    Sebagai negara tetangga, Indonesia juga melakukan hubungan kerja sama dengan Australia. Hubungan kerja sama yang tejalin antara sebagai berikut.

1. Indonesia dan Austrlia menyelenggarakan hubungan doplomatik. Hubungan ini ditandai dengan pengiriman duta besar ke masing-masing negara.

2. Dalam bidang ekonomi, Indonesia dan Australia sama-sama sebagai anggota APEC (Asia Pacific Economic Cooperation) yang bertujuan untuk

    meningkatkan kamajuan ekonomi di kwasan Asia Pasifik, Selain itu, kedua negara menjalin hubungan kerja sama perdagangan dengan melakukan

    kegaitan ekspor dan impor

3. Dalam bidang pendidikan, yaitu dengan saling mengirimkan pelaja dan mahasiswa ke masing-masing sekolah dan universitas.