"NaTuRe_wOrLd"

 

  HoMe    AsiA   AmeRiKa   AfRikA   ErOpA   AuStRaLiA

 

* Benua Asia

A. Letak dan Luas Wilayah

    Benua Asia mrupakan benua terluas di dunia. Hampir 1/3 daratab yang ada di dunia terletak dibenua Asia. Benua Asia memiliki luas kurang lebih 44.000.000 km2. Benua Asia memiliki letak astronomis anraea 110 LS ~ 770 LU dan 260 BT ~ 1690 BB. Secara geografis, Benua Asia memiiki batas-batas sebai berikut.

1. Sebelah barat dengan benua Eropa yang dibatasi oleh Penggunungan Aral, Laut Laspia, dan Laut Merah.

2. Sebelah timur dengan Smudra Pasifik.

3. Sebelah selatan dengan Samudra Hindia dan Benua Australia.

4. Sebelah utara dengan Samudra Artik.

 

B. Keadaan Alam

    Bentang alam Benua Asia terdiri dari daratan tinggi, dataran rendah, dan wilayah gurun pasir. Bentuk bentang alam tersebut dijabarkan berikut ini.

1. Dataran tinggi

    Secara fisik, Benua Asia berbentuk pegunungan-pegunungan besar seperti Pegunungan Himalaya dengan puncak tertingginya, yaituh mount Everest(8.848 m). Lalu, disebelah barat terletak Pegunungan Hindukush yang berada di negara Afganistan dan Pakistan serta Pegunungan Kunlun di Cina.

    Dari pegunungan tinggi, dataran tinggi di Asia melandai dan membentuk dataran-dataran tinggi atau plato seperti di India, yaitu Dataran Tinggi Dekkan. Lalu ada pula Dataran Tiggi Tibet di Cina barat daya yang merupakan dataran tertinggi dan terluas di Asia. Dataran Tinggi Tibet terkenal dengan sebutan Atap Benua. Kemudian, di Turki terdapat Dataran Tinggi Anatoli. Selain itu di Asia Tenggara juga trerdapat beberapa dataran tinggi.

 

     Gunung Mount Everest

2. Dataran Rendah

 A. Dataran Rendah di Asia Utara

    Dataran rendah di Asia Utara didominasi oleh Daratan Siberia yang dialiri oleh sungai Ob, Sungai Yenasai, Sungai Lena, Sungai Amur.

 B. Dataran Rendah di Asia Timur

    Dataran rendah di Asia Timur terdapat di Dataran Rendah Cina Timur di ana terdapat aliran Singau Huang Ho(Sungai Kuning), Sungai Yang Tse Chiang, dan sungai Mekong di Cina Selatan yang bermuara di Indocina.

C. Dataran Rendah di Asia Tenggara

    Dataran rendah di Asia Tenggara dialiri oleh sunga Menom(Chao Praya), Sungai Soluen, dan Sungai Irawadi. Dataran rendah terluas dan paling subur untuk daerah pertanian adalah Dataran Rendah Menom yang sebagian besar berada di wilayah negara Thailand.

D. Datarab Rendah di Asia selatan dan Asia Barat

    Dataran rendah di Asia Selatan terdiri atas Dataran Rendah Hindustan yang dialiri oleh Sunga Gangga dan anak sungainya Yamna. Sungai ini kemudian bergabung dengan Sungai Brahmaputa di bangladesh. Sedangkan dataran rendah di Asia Barat terdapat Lembah Eufrat dan Tegris di Irak. Di Arab Saudi trerdapat Dataran rendah EI Hassa yang bayak terdapat smber minyak bumi.

 

C. Iklim

    Keadaan iklim siati daerah sangat dipengaruhi oleh beberapa faltor fisik dan letak lintang di muka bumi. Oleh sebab itu, Benua Asia memiliki iklim yang beragam. Iklimyang ada di Benua Asia adalah sebagai berikut.

 

Banjir Akibat Musin Hujan

1) Iklim Dingin

    Iklim dingin terdapat di wilayah Asia bagian utara terutama di Daratan Siberia yang memiliki iklim kontinental kutub (iklim subartik). Wilayah dengan iklim ini memiliki musim panas yang pendek.

2) Iklim Kontinental

    Iklim kontinental atau iklim darat terdapat di wilayah Asia Tengah dan Cina Barat Laut. Wilayah dengan iklim ini terutama di daerah Gurun Gobi di Cina yang kering.

3) Iklim Subtropis Basah

    Iklim subtropis basah mendominasi wilayah Cina Timur dengan kisaran garis lintang 250 LU - 350 LU. Wilayah beriklim ini banyak mengalami turun hujan karena pengaruh angin muson tenggara dan Samudra Pasifik.

4) Ikilm Tropis Basah

    Iklim tropis basah sebagian besar terdapat di Asia Tenggara da Asia Selatan. Wilayah dengan iklim ini memiliki cirah hujan yang cukup tinggi antara 1.000 sampai 2.000 mm pertahun. Iklim tropis sangat sipengaruhi oleh angin muson yang mengakibatkan terjadinya musim kemarau dan musim hujan.

5)Iklim Gurun

    Iklim gurun sifatnya kring sehingga curah hujan yang ada amat rendah (250 mm - 220 mm/tahun). Iklim Gurun dapatterjadu karena pengaruh angin uang berasak dari daerah gurun yang Kering. Iklim ini banyak terdapat di Asia Barat terutama du Jazerah Arab dan Asua Tenfah di sekitar Gurun Robi.

 

D. Flora dan Fauna

 1. Flora

    Di dunia, keadaan flora sangat dipengaruhi oleh adanya iklim di wilayah flora itu hidup. Persebaran flora di Benua Asia sangat dipengaruhi iklim dengan persebaran sebagai berikut.

A. Di Asia Utara khususnya daearan Siberia, hanya terdapat tumbuhan tundra(padang rumput di daerah bersalju),

    lumut, dan taiga (sejenis tundra).

B. Di Asia Tengah banyak dijumpai padang rumput karena di daerah ini sedikit turun hujan.

C. Di asia Timur, Asia Tenggara, dab Asia Selatan banyak terdapat hutan hujan tropis dan tanaman bernilai tunggu

    seperti kayu, tanaman perkebunan, dan buah-buahan.

 2. Fauna

    Benua Asia kaya akan fauna yang dapat di manfaatkan oleh manusia, maupun fauna liar dan fauna yang dilindungi. fauna-fauna tersebut antara lain sebagai berikut.

A. Fauna yang diternakkan

    fauna yang banyak diternakkan oleh manusia dan banyak terdapat di Benua Asia seperti sapi, kerbau, kuda, domba, dan unta.

B. Fauna Liar

    Fauna liar di Benua Asia banayka tersebar di beberapa daerah. Di daerah kutub banyak fauna liar seperti rusa, beruang es, singa laut dan rubah. Di Mongolia terdapat fauna liar seperti antilop. Di Asia Tenggara dan Selatan banayk terdapat fauna liar seperti gajah badak, kera, dan harimau.

C. Flora yang dilindungi

    Beberapa faina tang dilindungi Benua Asia di antaranya Komodo(Varanus komodoensis) di pulu Flores dan badak bercula satu di Pulau Jawa, Indonesia. Fauna liar lain yang dilindungi seperti harimau putih di India dan panda di Cina.

 

E. Penduduk

    Jumlah penduduk di Benua Asia pada pertengahan tahun 2003 diperkirakan sebesar 3.830.200.00 jiwa dengan kepadatan penduduk 312 per km2 dan dengan pertumbuhan penduduk sebesar 1,4% per tahun.

    Jumlah pernduduk tersebut merupakan jumlah penduduk terbesar dibandingkan benua-benua lain. Hal ini disebabkan karena 1/3 pendduk dunia berada di Benua Asia.

    Penduduk Asia dibedakan atas beberapa ras dan suku bangsa utama, yaitu sebagai berikut.

1. Ras Kaukasut (Ras Kulit Putih)

    Ras penduduk ini terdapat di Asia tengah, Asia Barat, dan di India(suku bangsa Arya/Hindu)

2. Ras Negroid (Ras Kulit Hitam)

    Ras penduduk ini terdapar di phidelpia (Negrito), India (dravida), Indonesia Timur (Papua), dan Arab Saudi (Nomad)